Jambore Batik se Jawa Timur

Gading - Dalam Jambore Batik se Jawa Timur Tahun 2018, Kabupaten Probolinggo mendapatkan kepercayaan menjadi Tuan Rumah pada kegiatan perdana yang diadakan oleh Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ). Jambore ini dilaksanakan dua hari mulai sabtu (07/04/2018) sampai dengan minggu (08/04/2017) bertempat di Kampung Kita Hotel & Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading.

Jambore ini dibuka secara langsung oleh Bapak Pj. Bupati Probolinggo R. Tjahyo Widodo, SH, M.Hum didampingi oleh Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.



"Ini yang pertama kali, dan dilaksanakan di Probolinggo biar (Kabupaten/Kota) yang lain mencontoh" menurut Ketua Panitia Jambore Batik Satimin.

"Sebagai informasi, Batik Kabupaten Probolinggo mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan menjadi salah satu barometer Batik Jawa Timur dibuktikan dengan telah mengikuti Fashion Model dan Pameran di Luar Negeri".

Menurut Yunita Nur Laili Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo "Jambore Batik se Jawa Timur ini sebagai momentum bagi pelaku UMKM mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Probolinggo agar lebih dikenal oleh pelaku UMKM dan masyarakat Jawa Timur."

Yunita menyampaikan pula, fasilitasi seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai wujud nyata partisipasi pemuda mendukung pembangunan ekonomi dari sektor usaha ekonomi produktif berbasis UMKM.


Hal senada juga disampaikan oleh Emy Sulihati UMKM dari Kecamatan Gending yang mengikuti gelar produk UMKM "Fasilitasi seperti ini diharapkan dapat menjadi program rutin Karang Taruna. Karena melalui fasilitasi seperti ini akan dapat meningkatkan branding bagi produk-produk UMKM dan memperkuat jaringan kerjasama usaha bagi UMKM di skala Jawa Timur". (ins)